feed me
Sabtu, 17 November 2012


Tulisan 2

Tujuan penulisan : Mengetahui manfaat  kandungan probiotik dalam susu

Probiotik pada susu
Probiotik berasal dari bahasa Latin yang berarti untuk kehidupan; disebut juga bakteri bersahabat, bakteri menguntungkan, bakteri baik, atau bakteri sehat.
Lactobacillus diidentifikasi pertama kali oleh Louis Pasteur di Perancis (1845 -1895). Penemuan fungsi probiotik yang pertama kali diperoleh seorang peneliti Rusia yang bernama Metchnikoff. Atas penemuannya itu, ia memenangkan hadiah Nobel. Teorinya dikenal dengan intoxication theory atau eternal youth theory, yang antara lain menyebut, mengkonsumsi yoghurt dapat mencegah penuaan. Lactobacillus merupakan bakteri yang habitatnya berasal dari membran mukosa dari hewan atau manusia, tanaman, limbah, dan makanan terfermentasi.

Satu hal lagi yang penting bahwa  kandungan probiotik pad susu akan hancur bila di seduh dalam keadaan panas, oleh karena itu jika menyeduh susu sebaiknya tidak menggunakan air panas, cukup menggunakan air hangat saja agar kandungan probiotiknya tetap terjaga



Manfaat probitik :

1.      Mencegah kanker yaitu dengan menghilangkan bahan prokarsinogen dari tubuh dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam pemeriksaan laboratorium, beberapa strain LAB (Lactobacillus bulgaricus'''') telah menunjukkan efek anti-mutagenik dianggap karena kemampuan mereka untuk mengikat dengan amina heterosiklik, yang zat karsinogenik terbentuk dalam daging dimasak. Penelitian terhadap hewan telah menunjukkan bahwa beberapa LAB dapat melindungi terhadap kanker usus besar pada hewan pengerat, meskipun data manusia terbatas dan bertentangan. Kebanyakan percobaan manusia telah menemukan bahwa strain yang diuji dapat menggunakan efek anti-karsinogenik dengan mengurangi aktivitas enzim yang disebut β-glucuronidase Uji klinis telah menunjukkan bahwa probiotik dapat menurunkan kejadian infeksi saluran pernapasan dan karies gigi pada anak-anak.
makanan dan suplemen telah terbukti membantu dalam pengobatan dan pencegahan diare akut, dan dalam mengurangi keparahan dan durasi infeksi rotavirus pada anak-anak dan diare travellers 'pada orang dewasa.

2.      Membantu penyerapan vitamin dan mineral

Ini adalah hipotesis bahwa laktobasilus probiotik dapat membantu malabsorpsi benar trace mineral, selain pada susu ditemukan terutama pada mereka yang diet tinggi kandungan fitat dari biji-bijian, kacang-kacangan, dan kacang

3.      Kemampuannya memproduksi asam laktat dan asam asetat di usus
Probiotik juga dapat menekan pertumbuhan bakteri E coli dan Clostridium perfringens penyebab radang usus dan menekan bakteri patogen lainnya, serta mengurangi penyerapan amonia dan amina. Bila bahan-bahan tersebut terserap dalam jumlah besar akan dapat meningkatkan tekanan darah, kolesterol dan kanker yang disebabkan nitrosamin.

4.      Menekan pertumbuhan bakteri jahat
Probiotik sangat penting yang ditemukan dalam jumlah besar di usus dan mukosa vagina. Bifidobacterium bifidum mencegah perkembangbiakan E. coli, salmonella dan clostridium. Bakteri ini juga memproduksi asam laktat dan asam asetat yang menurunkan pH usus dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat. Penelitian lain pada Bifidobacterium menunjukkan bahwa organisme ini juga merangsang penyerapan mineral seperti besi, kalsium, magnesium, dan seng.

Referensi :
·         Republika.co.id

Filed Under:

0 komentar:

Posting Komentar