feed me
Kamis, 08 Desember 2011

1.saham biasa

saham biasa adalah surat berharga dalam bentuk piagam atau sertifikat yamg memberikan pemeganganya bukti atas hak-hak dan kewajiban menyangkut andil kepemilikan dalam suatu perusaahn. sahm biasa mempunyai sifat kebalikan dari sahm prefern dalm hal pengambilan suara, pembagian dividen dan hak- hak yang lain.

pemegang saham biasa dapat memengaruhi kebijakn korporasi melalui proses pengambilan suara (voting) dalam pembuatan tujuan dan kebijakan, stock split dan memilih dewan direksi perusahaan. pemegang saham biasa mempunyai keuntungan dalam bentuk dividen dan capital gain






2. saham prioritas


saham preferen adalah sahm yang pemiliknya akan memiliki hak lebih di banding pemilik sahm biasa. pemegang saham preferen akan mendapat dividen lebih dulu dan juga memilik hak suara lebih di banding pemegang saham biasa.

ada beberapa jenis saham prefern :

saham preferen partisipasi : saham preferen yang membagikan dividen kepada pemegangnya, pemilik saham ini setelah menerima dividen tetap memnpunyai hak untuk membagi keuntungan yang di nyatakan sebagai dividen kepada pemegang saham biasa

saham preferen non kumulatif : saham yang tidak mempunyai hak untuk mendpatakan dividen yang belum pada tahun- tahun yang lalu secara kummulatif ( noncumulative prefered stock)


Filed Under:

0 komentar:

Posting Komentar